Langkah Tepat Memecahkan Jerawat


Tak masalah jika memecahkan jerawat sesekali. Terutama jika Anda memang benar-benar harus melakukannya. Tidak masalah. Tetapi lakukan dengan tepat.

Berikut ini tiga langkah memecahkan jerawat, berdasarkan saran dr. Debra Jaliman, pakar kesehatan kulit di New York:

1. Pertama, bersihkan jerawat dengan alkohol terlebih dahulu.

2. Jika ada nanah di permukaan kulit, dr. Jaliman mengatakan bahwa Anda harus menekan dengan lembut dengan ekstraktor komedo. Ekstraktor komedo adalah alat yang terbuat dari besi tahan karat yang memiliki “loop” atau lubang untuk mengelilingi komedo sehingga dapat diangkat dengan menggunakan tekanan. Alat tersebut dijual di toko obat dan toko kecantikan.

3. Setelah jerawat pecah, gunakan produk antibakteri (seperti Neosporin, minyak daun teh, bacitracin, dan lain-lain) atau gunakan asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Sesekali memecahkan jerawat tidak terlalu masalah, namun dr Jaliman mengingatkan bila dilakukan sering, memecahkan jerawat adalah ide buruk.

"Bintik-bintik merah mungkin akan timbul sebagai akibat peradangan kronis, bekas luka juga akan timbul jika Anda memasukkan alat tersebut terlalu dalam ke wajah, dan hiperpigmentasi juga mungkin akan timbul. Penyebaran bakteri ke dalam kulit dan timbulnya infeksi juga merupakan risiko yang mungkin akan timbul.”

Sudah siap memecahkan jerawat sendiri dengan tepat?
Next
Previous
Click here for Comments

0 comments: