Cara Meluruskan Neck Gitar

Bagi anda para gitaris atau baru belajar gitar pasti menginginkan peforma gitar yang maksimal. Lalu bagaimanakah performa gitar yang maksimal itu? Salah satu faktornya dilihat dari Neck gitar. Sebagus apapun bahan kayu untuk Neck gitar pasti akan mengalami “bengkok”. Tapi jangan kuatir teman-teman, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui Neck gitar anda bengkok apa tidak dan bagaimana cara mengatasinya/meluruskan Neck Gitar. Check this out!

Diagnosa Neck Gitar

Ada beberapa cara mudah untuk mengetahui neck gitar anda bengkok apa tidak, antara lain:

1.  Cara pertama
melihat ujung neck dari body gitar dengan mata satu (mata satunya ditutup). Nanti akan terlihat bila Neck bengkok pasti tidak lurus dan itu terlihat jelas. Bila penglihatan anda kurang maksimal, tak usah dipaksakan untuk menggunakan cara ini

2.  Cara Kedua
Dengan menggunakan bantuan senar gitar untuk membantu penglihatan anda, yaitu: tekan senar nomor 6 (paling atas) pada kolom pertama dan kolom terakhir. Kemudian lihat dari samping atau Bisa juga dengan meletakkan penggaris lurus diatas fretboard neck gitar, lalu lihatlah dari samping:
  • Bila bagian tengah terdapat rongga/senar tidak menempel pada fret, maka Neck tersebut bengkok “Cekung”.
  • Bila bagian tengah terlihat lebih menonjol dibanding yang lain, maka Neck tersebut bengkok “Cembung”.
  • Bila senar menempel pada semua fret gitar anda dan tidak telihat bengkok, maka Neck anda Lurus/Normal.


Cara Meluruskan Neck Gitar

Pastikan gitar tersebut mempunyai truss rod/besi didalam Neck, gitar kualitas medium keatas pasti ada, biasanya posisi pemutarnya berada di ujung Neck (gitar/bass elektrik) atau di pangkal Neck (gitar akustik)
  • Bila Neck bengkok cekung, putar besi Truss rod tersebut menggunakan kunci L searah jarum jam.
  • Bila Neck bengkok cembung, putar besi Truss rod tersebut menggunakan kunci L berlawanan arah jarum jam.


Tidak ada ketentuan harus diputar berapakali, karena tingkat ke-bengkokan gitar satu dengan gitar yang lain bervariasi, putarlah hingga Neck tersebut terlihat lurus.
Bila gitar anda tidak mempunyai Trusshod/besi didalam neck maka anda harus berdoa dan bekerja keras untuk dapat membeli gitar baru yang lebih bagus,, hehehehe

Note:
Ukuran kunci L Truss Rod 4mm. Bila tidak yakin dengan kemampuanmu sendiri, maka pergilah ke tukang servis gitar atau ke pembuat gitar/Luthier.
Next
Previous
Click here for Comments

3 comments:

avatar

Thank you for this information

avatar

terima kashi ga, infonya sangat membantu